Senin, 18 Juli 2011

Objek Wisata dan Tempat-Tempat Menarik di Kabupaten Bekasi


           Bekasi merupakan salah satu satelit dari kota Jakarta, letaknya yang bersebelahan dan berjarak cukup dekat dari pusat ekonomi kota Jakarta menjadikan kota ini menjadi tempat favorit bagi warga Jakarta untuk tinggal. Bekasi menyimpan potensi wisata yang menarik sebagai alternatif wisata, untuk mencapainya juga cukup mudah karena sudah dilengkapi sarana transportasi umum yang memadai baik dalam kota maupun dari kota Jakarta.
Berikut ini adalah daftar beberapa tempat menarik yang mungkin bisa anda kunjungi :

Taman Buaya.

Jika kita melintas dari Cikarang kearah Bogor/Jonggol/Cianjur/Karawang/Bandung melalui jalan Cikarang-Cibarusah, maka akan melewati kompleks penangkaran buaya di Serang.

            Penangkaran buaya ini dikenal dengan Taman Buaya Cikarang. Dengan jumlah buaya kurang lebih 500 ekor, Taman Buaya Cikarang merupakan salah satu penangkaran terbesar di Asia bahkan dunia.

            Selain sebagai penangkaran buaya, juga sebagai sarana rekreasi alternatif, karena Taman Buaya juga menyediakan tempat untuk rekreasi. Terdapat taman bermain untuk anak, sarana untuk bersantai, panggung hiburan bahkan pada hari-hari tertentu diadakan pertunjukan manusia dan buaya.

      Jadi, mengapa kita tidak bersantai sejenak sambil melihat-lihat buaya di Taman Buaya Cikarang

Padang Golf Jababeka.

       Padang Golf Jababeka sebagai salah satu obyek pariwisata hiburan dan padang laga. Padang golf ini sangat representatif dan bertaraf Internasional. Terletak di Cikarang Timur. 

      Padang Golf ini dinamakan Jababeka Golf & country club adalah tempat yang ideal untuk golf rekreasi maupun untuk business entertaining. Dirancang oleh Nick Faldo-pegolf kelas dunia, Jababeka menawarkan tantangan championship course serta menyediakan panorama bentang alam yang menakjubkan serta lingkungan yang tenang. Lapangan premier 18-hole yang memiliki sentuhan elemen strategis seperti fitur air, berbagai pilihan tee, dan berbagai macam posisi pin. Hanya 30 menit sebelah timur Jakarta, klub menarik 3.500 hingga 4.000 pegolf dan tamu setiap bulan, sebagian besar berasal dari Korea, Jepang dan Eropa.

     Seorang arsitek lokal terkemuka bernama Arkonin, merancang clubhouse golf, sementara Fred Settle-IMG's Far East Regional Chief, menyediakan konsultasi. Clubhouse ini dilengkapi dengan toko pro, menawarkan yang terbaik dalam peralatan dan pakaian, sebuah kolam renang rekreasi, dua lapangan tenis, taman bermain anak-anak, layanan pijat, restoran, dan ruang VIP dan ruang fungsional bagi mereka yang ingin mengadakan transaksi bisnis penting.

        Pegolf yang ingin tinggal di dekat lapangan golf bisa memilih untuk tinggal di kawasan perumahan golf seluas 267 hektar ini. Akan tersedia banyak variasi rumah mulai dari 500 sampai 5.000 meter persegi. Rumah-rumah pribadi, apartemen atau townhouse akan dibangun sesuai permintaan dan diamankan dengan dinding sepanjang 6 km. Bret Stenson dan seorang arsitek terkemuka California bernama Klages Carter Viel, adalah dalang dibalik kawasan perumahan golf ini.




Waterboom Cikarang.



          Satu-satunya wahana permainan air bersama keluarga yang terdapat di kawasan Lippo Cikarang. Letak Water Boom Lippo Cikarang tidak jauh dari pintu tol cikarang, jadi darimanapun anda jika melalui tol cikampek keluarlah dari pintu tol cikarang.

          Water Boom Cikarang didesign khusus sebagai Taman Rekreasi Air Kelas Dunia dengan konsep nuansa alam Bali yang eksotis. Berbagai aktivitas dan atraksi Air yang menarik, unik, mengasikkan dan penuh dengan petualangan bagi anak-anak, remaja, sampai dewasa dapat Anda rasakan disini!!

           Selain menyajikan suasana alam yang Asri, Teduh dan Nyaman,Water Boom Lippo Cikarang juga menyediakan berbagai permainan air yang seru yang bisa dinikmati anak-anak, remaja dan orang tua sekalipun.



Saung Ranggon.

        Saung Ranggon diperkirakan dibangun pada abad-16 oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta, yang datang dan kemudian menetap di daerah ini. Saung ini merupakan bagian dari basis perlawanan masyarakat Bekasi terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda. Bangunan ini diakui oleh masyarakat Bekasi sebagai bangunan tertua di Cikarang Barat, pada khususnya, dan mungkin di seluruh Bekasi. Pada tahun 1821, saung ini ditemukan oleh Raden Abbas.

       Dalam bahasa Sunda, saung berarti saung/rumah yang berada di tengah ladang atau huma, yang berfungsi sebagai tempat menunggu padi atau tanaman palawija lainnya yang sebentar lagi akan dipanen. Biasanya saung dibuat di ketinggian 3 atau 4 meter di atas permukaan tanah. Hal ini diperlukan untuk menjaga keselamatan bagi si penunggu dari gangguan hewan buas, seperti babi hutan, harimau, dan binatang buas lainnya.

        Pada setiap bulan Maulid (Hijriah) dilakukan hajat Maulidan, dengan melakukan cuci pusaka dan dilanjutkan dengan hiburan jaipongan (Sunda Bekasi) dan wayang kulit khas dari Bekasi (dengan budaya Betawi). Kegiatan hajat budaya (cuci pusaka dan maulidan) dilakukan di halaman Rumah Tradisional Saung Ranggon, yang dapat Anda saksikan sebagai daya tarik wisata.

Lokasi: Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat

Bumi Perkemahan Karang Kitri.


        Bumi perkemahan karang kitri merupakan obyek wisata perkemahan alam yang memiliki pemandangan indah dan menarik. Dilengkapi oleh fasilitas outbound dan perkemahan yang lengkap. Berlokasi di Karang Mulya, Kecamatan Bojong Manggu. 



Kota Deltamas.
      Kota Deltamas merupakan kawasan wisata dan bisnis serta perumahan dengan gaya arsitektur perpaduan Eropa dan Amerika. Berlokasi di kecamatan Cikarang Pusat.

 

 





Gedung Juang 45.
 
       Gedung juang 45 merupakan tempat bersejarah yang memiliki nilai-nilai perjuangan. Saat ini gedung juang ’45 difungsikan sebagai museum dan perpustakaan pemerintah kota Bekasi. 

2 komentar:

  1. ternyata Bekasi sangat kaya dengan obyek wisatanya.. sepertinya akan seru bila berkunjung ke Tempat wisata Bekasi

    BalasHapus
  2. kelihatannya seru-seru juga tempat wisaata yuang ada di Kabupaten Bekasi

    BalasHapus